Tuesday, April 12, 2016

Metode Split Polyline : Proportion

Cara lain yang bisa digunakan untuk membagi / split polyline selain menggunakan split tool adalah dengan menggunakan tool proportion yang terdapat pada toolbar COGO.

COGO sendiri merupakan singkatan dari Coordinat Geometry. Merupakan suatu metode untuk menghitung koordinat suatu titik dengan menggunakan azimuth, jarak dan sudut/kelerengan.

Berikut cara membagi polyline menggunakan proportion:


Select line yang akan di split lalu klik tool proportion pada toolbar COGO. Akan muncul pop up window proportion, di sana kita bisa melihat berapa panjang line yang akan dibagi dan sisa line yang belum terbagi. Misal seperti pada gambar saya memiliki line sepanjang 37.718,748 meter, untuk men split line tersebut cukup klik pada colom line dan enter jarak yang dikehendaki, contoh saya masukan 1.000 meter maka akan tersisa 36.718,748 meter.

Anda dapat lanjutkan seusai kebutuhan sampai semua line terbagi habis. Jika ingin lebih cepat bisa menggunakan tombol diplicate disebelah kanan, contoh saya ingin membagi habis 37.718,748 meter per 1.000 meter maka setelah saya memasukkan baris pertama cukup klik duplikat dan masukan 36 ( 336 x 1.000 meter). Hasilnya akan muncul 36 baris lagi dengan jarak 1.000 meter sehingga jumlah line yang telah terbagi adalah 37.000 meter. Sisa 718,748 meter bisa ada masukkan ke 2 baris terakhir lalu dibagi rata atau bisa tetap 718,748 meter, tergantung keperluan anda.

Panah hitam pada polyline adalah orientasi arah line tersebut, anda bisa membagi mengikuti arah orientasi (from start point of line) ataupun berlawanan arah orientasi (from end point of line).

Selain menggunakan proportion, pada toolbar COGO juga terdapat pilihan lain untuk men split polyline yaitu menggunakan split into COGO lines, tool ini akan dibahas pada artikel berikutnya.

COGO merupakan tool yang powerful untuk mengolah trayek ukur, lebih lanjut tentang COGO akan dibahas pada artikel tersendiri.


No comments:

Post a Comment